Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Juara I Insya’ Bahasa Arab Tingkat Nasional di Cirebon



Mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menorehkan prestasi tingkat Nasional. Mahasiswa tersebut adalah Maulana Umar In’amul Hasan yang berjaya pada acara Gebyar Bahasa Arab (GBA) 2018. Senin-Jumat (2-6 April) kemarin.

Maulana Umar berhasil menjadi juara 1 pada cabang lomba insya’ arab kompetisis GBA, dengan nilai rata-rata sebagai berikut: ide tulisan 35%, penguasaan tata bahasa 32%, presentasi 22%, dan jumlah nilai akhir dari nilai rata-rata adalah 89% dari 25 peserta insya’ di GBA 2018.

Kompetisi GBA yang dieselenggarakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengangkat tema besar yaitu “Kemilau Budaya dan Bahasa Arab dalam Perspektif Pendidikan” yang diikuti sekitar 26 instansi dan 184 peserta dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Menurut Maulana Umar untuk mengikuti kompetisi insya’ ini, ia dan kawan-kawannya membawa nama UKM SPBA (Unit Kegiatan Mahasiswa Studi dan Pengembangan Bahasa Asing). Persiapan materi dan argument, semua dicapai dengan belajar secara otodidak dan persiapan hanya beberapa hari sebelum hari-H. namun, Alhamdulillah dengan usaha yang sungguh-sungguh dan atas izin Allah, segala usaha, prestasi, serta doa, terbalaskan dengan keberhasilan mendapatkan peringkat pertama dalam kompetisi yang bergengsi ini. Ia juga mnyatakan bahwa pada awalnya semua ini ditujukan semata-,mata hanya untuk menuntut ilmu, karena ilmu tidak ditunggu, namun harus dijemput. Ia pun termotivasi oleh rekannya yang berprestasi, yaitu Suwanto bahwa “Lomba merupakan ladang pembelajaran, bukan untuk mencari siapa yang terbaik diantara kita”.

“Dengan mengikuti lomba insya’ ini bisa menambah kwalitas bahasa, khususnya dalam belajar bahasa arab. Selain itu juga banyak pengetahuan dan teman yang mahir dalam berbahasa arab dari berbagai instansi diseluruh Indonesia, dan semakin menambah minat dalam mengembangkan serta menyebarluaskan bahasa dan ilmu kita, baik kepada anggota SPBA, maupun kawan-kawn yang ingin terus belajar dan berprestasi”. Kata Maulana Umar.

Maulana Umar selaku Ketua divisi Arab UKM SPBA berharap agar seluruh mahasiswa mampu terus mencoba, berkarya, dan menikmati seluruh proses dalam menuntut ilmu, serta terus memperbaiki akhlak agar mampu mnejadi generasi yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan ke Negara 2 Benua: Mengasah Kemampuan dan Pengetahuan

Istanbul Youth Summit Sebagai Ajang Pengembangan Kepemimpinan