UKM SPBA Meraih Banyak Prestasi dalam Sebulan



Setiap tahun UIN Suka selalu melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi. Para aktivis UKM SPBA yang menjadi mitra strategis kampus, kembali menggoreskan tinta emas di berbagai event kebahasaan baik regional maupun nasional. Pada tanggal 12 September 2018, Yusuf Rangkuti, anggota UKM SPBA berhasil meraih juara III Lomba Baca Puisi Bahasa Arab tingkat nasional di event Sukarabic Fest UIN Suka yang diselenggarakan oleh HMJ BSA. Tidak hanya itu, dua pengurus UKM SPBA atas nama Rahmat Hidayat mahasiswa jurusan SPI dan Maulana Umar In’amul Hasan mahasiswa jurusan HKI dinobatkan sebagai The Best Speaker Debat Bahasa Arab di event tersebut.
Selang dua minggu, tepatnya 29 September 2018 UKM SPBA mengutus kembali delegasi Lomba Debat Bahasa Arab tingkat Nasional dievent Arabic Fair UNS 2018. Puji syukur, delegasi UKM SPBA kembali menorehkan tinta emas sebagai Juara I Debat Bahasa Arab tingkat Nasional di event tersebut. Para delegasi yang membawa nama UIN Suka dalam event Arabic Fair UNS 2018 di antaranya Mamat Rachmat mahasiswa jurusan PBA, Maulana Umar In’amul Hasan mahasiswa jurusan HKI dan Munawir Rasyad mahasiswa jurusan BSA.
Tidak puas dengan itu semua, UKM SPBA terus melatih para anggotanya dan mengirimkan delegasi kembali di event MLA (Musabaqoh Lughoh ‘Arabiyyah) IAIN Salatiga. Tanpa disangka-sangka, delegasi UKM SPBA kembali meraih juara 1 Debat Bahasa Arab tingkat DIY-Jateng. Para delegasi tersebut di antaranya Munawir Rasyad mahasiswa jurusan BSA, Fifi Dwi Apriliya mahasiswi jurusan MPI dan Ahmad Syakir Maulana mahasiswa jurusan IAT.
Tidak berhenti di situ, para anggota UKM SPBA terus mencoba berlatih dalam kegiatan UKM SPBA, mengasah kemampuan diri dan bersaing dalam kompetisi-kompetisi kebahasaan. Pada 8 Oktober 2018 lalu, lagi-lagi delegasi UKM SPBA kembali mengharumkan nama kampus di event AWF (Arabic World Festival) UAD 2018. Pada event tingkat nasional ini para delegasi UKM SPBA meraih juara 1 Debat Bahasa Arab tingkat Nasional. Para delegasi itu di antaranya Rahmat Hidayat mahasiswa jurusan SPI, Maulana Umar In’amul Hasan mahasiswa jurusan HKI dan Mamat Rachmat mahasiswa jurusan PBA.
Menurut Maulana Umar dalam mengikuti beragam kompetisi kebahasaan ini, ia bersama anggota UKM SPBA membawa nama UKM dan almamater tercinta. Ketua Divisi Arab UKM SPBA 2018 ini menyatakan perlunya mempersiapkan materi dan latihan yang konsisten sebelum mengikuti perlombaan. “Alhamdulillah pencapaian prestasi ini berkat usaha dan belajar secara otodidak dari teman-teman beberapa hari sebelum hari-H perlombaan. Bibarokatillah, dengan usaha yang sungguh-sungguh kami berhasil meraih prestasi di beragam lomba kebahasaan baik regional maupun nasional. Semua ini ditujukan semata-mata hanya untuk menuntut ilmu” tutur mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam ini.
Apa yang dikatakan Umar senada dengan pernyataan Rahmat Hidayat selaku Ketua Umum UKM SPBA 2018. Mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam merasa bahwa setiap tahun UKM SPBA selalu mengalami perkembangan ke arah yang lebih signifikan dalam hal prestasi non-akademik. “Ini semua tidak terlepas dari ijtihad, jerih payah teman-teman UKM SPBA baik anggota, pengurus, demisioner dan alumni-alumni yang bersinegi dengan baik dalam memajukan UKM SPBA tercinta ini” ujarnya.

Maulana Umar selaku Ketua divisi Arab UKM SPBA berharap agar seluruh mahasiswa UIN Suka terus mencoba, berkarya dengan kreatif, memperbaiki akhlak dan menikmati proses menuntut ilmu. Hal ini agar mahasiswa UIN Suka menjadi generasi yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama. Amien

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan ke Negara 2 Benua: Mengasah Kemampuan dan Pengetahuan

Istanbul Youth Summit Sebagai Ajang Pengembangan Kepemimpinan

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Juara I Insya’ Bahasa Arab Tingkat Nasional di Cirebon