PRESS RELEASE: FESTIVAL BAHASA DAN BUDAYA 2019


Di awal semester ganjil ini UKM SPBA (Studi dan Pengembangan Bahasa Asing) UIN Sunan Kalijaga mengadakan kompetisi tingkat nasional. Festival Bahasa dan Budaya (FBB), merupakan acara rutinanan yang diselenggarakan oleh UKM SPBA UIN Sunan Kalijaga.  FBB mengadakan kompetisi 3 bahasa, yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Prancis. Acara ini diselenggarakan pada 19-21 September 2019 di lingkungan Kampus, seperti Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, F2B, Teatrikal Fakultas Ushuludin , Fakultas Syariah dan Hukum, PKSI Lt 3, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada kesempatan ini FBB mengusung tema “Sejuta Bahasa, Seribu Budaya di Daerah Istimewa”. Adanya kompetisi dan acara ini sebagai wadah minat dan bakat dalam bidang bahasa asing bagi mahasiswa dan pelajar, juga wadah kreatifitas bagi internal UKM SPBA.

Kompetisi bahasa asing yang diadakan oleh FBB ini terdiri dari 10 bidang lomba dalam bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Prancis. Kompetisi dalam bahasa Inggris yaitu Skeptic, Story telling, Esai, dan  pidato. Kemudian kompetisi dalam bahasa Arab yaitu debat, puisi, esai, dan pidato. Sedangkan dalam bahasa Prancis yaitu musikalisasi puisi dan story telling. Rangkaian acara selama tiga hari akan diisi oleh kompetisi dan penampilan budaya. Di hari pertama ada pembukaan acara di Convention Hall yang dibuka oleh Bapak Waryono selaku Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga, parade budaya dan perlombaan bahasa asing. Untuk hari kedua ada kompetisi bahasa asing yang berlanjut dari hari pertama. Sementara hari ketiga ada hari budaya yang digelar depan poliklinik yang dimeriahkan oleh telant dari beberapa komunitas dan sanggar seni yang ada di Yogyakarta. Dan yang terakhir adalah keseruan malam puncak sekaligus pengumuman juara lomba dan SPBA Anniversary yang akan dimeriahkan oleh 6 Organisasi daerah dari Jawa Barat, Lombok, Kepulauan Riau, Sampang, Sulsel, dan Gayo Aceh sebagai guest star.

“Alhamdulillah, FBB tahun ini bisa lebih meriah karena diikuti oleh 58 instansi dari Indonesia dan Malaysia sebagi partisipan, juga dari beberapa organisasi daerah yang ada di Yogyakarta yang turut memeriahkan dengan kebudayaan yang mereka tampilkan” tutur Rifky selaku ketua penitia Festival Bahasa dan Budaya 2019. Acara ini juga turut didukung oleh Dinas Kebudayaan, Bupati Sleman, Walikota DIY, Kapolda, Rektorat UIN Sunan Kalijaga dan beberapa perusahaan lainnya.

Aulia Nur Indrayani (Departemen Pers UKM SPBA)
Gedung Student Center Lt. 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Phone: 083816969270
Email: ukmspbauinsk@gmail.com                                                                                                      


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan ke Negara 2 Benua: Mengasah Kemampuan dan Pengetahuan

Istanbul Youth Summit Sebagai Ajang Pengembangan Kepemimpinan

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Juara I Insya’ Bahasa Arab Tingkat Nasional di Cirebon