Delegasi SPBA Pecahkan Rekor di ASEAN

 


        Kabar gembira kembali hadir kepada UKM SPBA. Dua orang anggota UKM SPBA Abdullah Asrori Suryani Wasmin dan Ala’ pada minggu lalu 4 April 2021 berhasil meraih kemenangan dalam perlombaan debat Bahasa Arab se-ASEAN yang diselenggarakan oleh Universitas Sains Islam Malaysia secara virtual. Kemenangan tersebut bukan hanya mewakilkan kemenangan untuk kampus atau UKM SPBA saja, melainkan juga membawa nama baik Indonesia di kancah ASEAN.

        Dalam pertandingan babak final mereka berhasil mengalahkan Universitas Syiah Kuala dengan jumlah skor hanya berbanding 0,25. Babak ini merupakan babak yang sangat menegangkan bagi mereka dan membuat mereka hampir menyerah. Pasalnya salah satu dari mereka kehilangan koneksi selama 5 menit dikarenakan acara tersebut dilakukan secara virtual. Akan tetapi mereka tidak ingin menyerah begitu saja karena bagi mereka segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya.

        Motivasi mereka mengikuti lomba ini adalah hanya keberanian untuk mencoba dan pantang mundur sebelum mencoba walaupun dengan persiapan seadanya tetapi maksimal. Mereka mengungkapkan bahwa sebenarnya mereka telah menelan kekalahan sebanyak 5 kali dalam beberapa event perlombaan. Namun, berkat kegigihan dan keoptimisan mereka pada akhirnya kekalahan yang bertubi-tubi tersebut terbayarkan dengan kemenangan yang luar biasa ini.

        Baginya, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dalam hidupnya. Bisa membanggakan nama kampus di ajang Internasional dan nama baik Indonesia sendiri. Dia membagi sedikit tips untuk kita semua agar lancar berdebat dalam Bahasa Arab. “Yang sangat berpengaruh dengan kualitas debat kita itu adalah training dan real debat, jadi latihannya memang harus rutin. Bisa sampai lebih dari 10 kali, 10 kali pun belum menjamin kualitas debat kita itu sudah baik, maka dari itu kunci utama dalam debat memang harus memperbanyak latihan,” ujar Abdullah.

    Semoga pengalaman Abdullah bisa memotivasi dan menginspirasi kita semua untuk terus berkembang dan terus maju pantang mundur. “Kamu tidak akan pernah gagal selagi kamu masih mau mencoba dan mencari kesempatan. Habiskan seluruh kegagalan dimasa muda dan nikmati kesuksesan yang maksimal di masa yang akan datang”

---

Salam, Tim Pers SPBA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan ke Negara 2 Benua: Mengasah Kemampuan dan Pengetahuan

Istanbul Youth Summit Sebagai Ajang Pengembangan Kepemimpinan

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Juara I Insya’ Bahasa Arab Tingkat Nasional di Cirebon